Kenapa Kita Selalu Merasa Lelah? Ternyata bukan Karena Kurang Tidur

Kenapa Kita Selalu Merasa Lelah?
Kalian sering merasa kelelahan atau mengantuk? Padahal tidur kalian sudah cukup. Beberapa dari kalian pasti pernah merasakan hal ini atau malah setiap hari seperti mimin ini. Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan hal ini salah satunya adalah kurangnya olahraga. Sebuah penelitian telah dilakukan dimana orang dewasa harus berolahraga ringan selama beberapa kali per minggunya. Hasilnya, setelah 6 minggu penelitian itu dilakukan, menunjukan bahwa orang dewasa itu merasa lebih segar bukan itu saja orang yang sering berolahraga mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik dari orang yang jarang berolahraga. Selain karena kurangnya olahraga, diet yang buruk juga bisa menyebabkan menurunnya kualitas tidur kita, sebaiknya jika kalian ingin diet gunakanlah cara yang telah dianjurkan para ahli tentang diet sehat yang dapat menurunkan berat badanmu. Tahukah kamu kopi dapat membuatmu merasa kelelahan? Kopi emang baik bagi kesehatan tapi apabila kita terlalu sering minum kopi, kopi akan membuatmu merasa mengantuk bukan sebaliknya. Salah satu cara untuk mengatasi hal ini adalah dengan tidak meminum kopi 6 jam sebelum waktu tidur.

Salah satu penyebab lain kita sering merasa kelelahan di siang hari adalah karena kurangnya minum air putih. Penelitian menunjukan ketika kita kekurangan air minum walaupun 1,5 % saja dapat menyebabkan susahnya berkonsentrasi dan jika 2% kita akan merasa kehausan. Cara mudah mengecek kebutuhan air kita sudah cukup atau tidak dengan mengecek warna urin yang kalian keluarkan jika berwarna kuning mudah atau putih tubuh kita sudah cukup air jika berwarna kuning tua atau lebih gelap lagi kalian membutuhkan air minum.

Ketika hari libur kalian pasti bangun kesiangan, menurut para ahli ini hal yang tidak baik karena jika kita bangun terlalu siang, pada saat malam nanti kita akan kesulitan untuk tidur. Atau biasakanlah untuk tidur siang. Tidak perlu lama-lama, tidur siang selama 20 menit saja sudah cukup untuk mengisi ulang energi tubuhmu.
Kenapa Kita Selalu Merasa Lelah?
Selain semua itu, kesehatan psikismu juga dapat mempengaruhi kualitas tidur kalian. Salah satunya adalah kecemasan. Khawatir tentang pikiran orang lain atau tentang pekerjaan mu dapat membuat kita lelah secara mental. Selain itu juga kelelahan merupakan salah satu gejala dari General Anxiety Disorder(GAD). Sebuah kondisi dimana kita terlalu khawatir berlebihan terhadapap suatu hal yang sebenarnya tidak perlu dikhawatirkan. Penderita kelainan ini biasanya susah untuk mengendalikan rasa khawatir mereka.

Dan hal yang lebih serius lainnya adalah depresi. Depresi dapat membuat kelelahan baik secara fisik ataupun secara mental. Dengan tidur yang cukup sekalipun kita tidak dapa menghilangkan hal ini. Bagi beberapa orang depresi dapat menyebabkan insomnia atau ketidakmampuan kita untuk tidur tepat waktu. Sebaiknya jika kalian mempunyai depresi sebaiknya temui psikolog ahli.

Atau bisa juga kalian hanya seorang Night Owl. Night Owl adalah sebuah kelompok orang dimana mereka lebih suka bergadang sampai tengah malam dan hal ini bukan dikarenakan kebiasaan melainkan faktor genetik. Uniknya sekitar 20% orang memiliki gen unik ini. Apa kalian punya pertanyaan seputar artikel ini? atau hanya sekedar ingin berdiskusi? silahkan koment di bawah postingan ini. Sampai jumpa :)

Related

Sains 8930385952999578534

Post a Comment

emo-but-icon

Hot in week

Connect Us

Aku hanya seorang pelajar yang tergila-gila dengan segala hal yang berbau dengan teknologi dan sains, alasanku membuat blog ini agar aku dapat berbagi hobiku ini kepada semua orang
item